Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Tubuh -- Daun sirih yang tumbuh subur di Indonesia memang sudah tidak asing lagi di mata kita. Tanaman yang tumbuh di daerah tropis ini memiliki dua jenis yaitu sirih merah dan sirih hijau. Daun yang bulat lonjong dan lebar serta memiliki aroma pedas yang khas ini biasa di jadikan bahan utama nginang di kalangan lansia tanah padang. Mereka percaya bahwa sirih memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. 

Tahu kah Anda apa saja manfaat daun sirih untuk kesehatan? Berikut ini di jelaskan beberapa manfaat yang bisa di nikmati dari khasiat rebusan sirih, baik sirih merah maupun sirih hijau.

Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan TubuhSirih merah yang kita tahu warnanya seperti warna hati hewan ini punya aroma yang sedikit menyengat, apabila di remas aroma dapat tercium. Sirih merah di percaya sebagai obat tradisional sejak ratusan tahun. Daun sirih merah bersifat antiseptic dan mengandung senyawa alkaloid sebagai anti mikroba. Berikut selengkapnya manfaat daun sirih merah dan cara konsumsinya: 
  1. Mengatasi Keputihan, Bau Badan dan Bau Mulut
    Sirih merah memang mengandung anti septic dan anti mikroba yang cukup tinggi, sehingga rebusan daun sirih merah yang rutin di konsumsi akan mengurangi keputihan pada wanita. Selain itu dapat menghilangkan bau mulut dan bau badan. Untuk mengatasi keputihan, rebus 7-10 lembar daun sirih merah dan gunakan air rebusannya untuk membasuh daerah kewanitaan 3 kali seminggu. Untuk mengatasi bau badan, ambil 2-3 lembar daun sirih merah dan rebus hingga menjadi 1\2 gelas. Tambahkan dengan satu sendok gula pasir, lalu minum secara rutin. Untuk mengatasi bau mulut cukup ambil 1 lembar daun sirih merah yang telah dicuci, kunyah lalu diamkan beberapa menit, cara ini bisa dilakukan 2-3 kali sehari. 
  2. Mengobati Ambeien
    Penderita ambeien diajurkan untuk mengkonsumsi rebusan sirih merah. Caranya ambil 10 lembar daun sirih merah dan rebus hingga menjadi 1 gelas. Minum rebusan sirih merah sebanyak 2-3 gelas setiap tiga kali seminggu. 

Sirih hijau lebih banyak hidup di sekitar lingkungan kita. Sirih hijau mengandung minyak, fropana, nutrisi, estragol dan senyawa lainnya yang baik untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat daun sirih hijau: 
  1. Mengobati gigi dan gusi bengkak 
  2. Mengobati sariawan 
  3. Mengatasi demam berdarah 
  4. Mengatasi keputihan dan melancarkan haid 
  5. Mengobati eksim dan gatal-gatal 
  6. Dapat membersihkan mata yang kotor
Baca juga : 6 Cara Alami Menjaga Kebugaran dan Kesehatan Tubuh

Itulah beragam manfaat daun sirih untuk kesehatan tubuh yang dapat anda rasakan, gunakan sesuai anjuran dan anda akan merasakan manfaatnya.
0 Komentar untuk "Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Tubuh"





Back To Top