Manfaat Daun Salam Yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat Daun Salam Yang Perlu Anda Ketahui -- Tahukah anda? Daun salam yang kita tahu sebagai bahan penyedap rasa pada masakan ternyata memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Manfaat daun salam telah dibuktikan secara klinis. Jenis rempah-rempah yang satu ini dipercaya dapat mengobati penyakit ringan seperti diare dan penyakit kronis seperti kolesterol. Bahkan kandungan zat berasa pedas, daun salam dimanfaatkan sebagi bahan pembuat pasta gigi. 

Nah, tentu buat para ibu-ibu di rumah mulai rajin-rajin menambahkan beberapa helai daun salam di dalam masakan anda sehari-hari. Daun salam yang di tambahkan ke dalam masakan, akan memberikan manfaat langsung yang baik untuk masakan sehingga sehat juga di tubuh anda. Namun apakah yang membuat daun salam memiliki manfaat untuk kesehatan? Rahasianya adalah karena kandungan beberapa zat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Kandungan Daun Salam Yang Bermanfaat 

Manfaat Daun Salam Yang Perlu Anda Ketahui
Daun Salam
Daun salam yang rasanya sedikit pahit dan beraroma sedap, mengandung beberapa zat alami yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa kandungan zat alami dalam daun salam: 
  1. Minyak esensial eugenol dan metil kavikol, sangat baik untuk mencegah penyakit kolesterol 
  2. Kandungan etanol sebagai anti-jamur dan anti-bakteri, sehingga daun salam dapat mengatasi diare dan sariawan, menjaga kesehatan gusi dan mulut 
  3. Kandungan metanol sebagai zat anti-cacing 
  4. Zat flavonoida, tannin dan minyak atsiri sangat efektif sebagai antioksidan 
Baca Juga : Manfaat Daun Sirsak Untuk Menyembuhkan Kanker

Manfaat Daun Salam Untuk Menyembuhkan Penyakit Kronis 
  1. Menurunkan resiko kolesterol dan diabetes
    10 lembar daun salam yang direbus dengan 3 gelas air sampai menjadi satu gelas ramuan herbal akan sangat baik menurunkan kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh. Sangat dianjurkan di minum setiap malam secara rutin bagi penderita kolesterol dan diabetes. 
  2. Mengatasi Hipertensi
    Penderita darah tinggi dapat meminum rebusan daun salam dua kali sehari. Caranya, rebus 10 lembar daun salam segar dengan 3 gelas air. Biarkan mendidih dan air rebusan tersisa 1 gelas. Bagi air rebusan tersebut menjadi separuh gelas dan di minum masing-masing untuk pagi dan malam. 
  3. Mengobati maag akut
    Teh daun salam dapat mengobati maag kronis. Caranya rebus daun salam sebanyak 15 – 20 lembar dengan ½ liter air sampai mendidih selama 15 menit. Lalu tambahkan gula aren secukupnya. Air rebusan yang seperti teh tersebut dapat di minum setiap hari sampai rasa perih di labung hilang. 
Baca Juga : Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Tubuh

Demikian manfaat daun salam yang wajib anda ketahui. Semoga informasi bermanfaat dan dapat membantu anda menemukan obat herbal untuk menjaga kesehatan tubuh.
0 Komentar untuk "Manfaat Daun Salam Yang Perlu Anda Ketahui"





Back To Top