6 Asupan Yang Perlu Dihindari Untuk Kesehatan Organ Reproduksi Wanita

6 Asupan Yang Perlu Dihindari Untuk Kesehatan Organ Reproduksi Wanita -- Gangguan pada organ reproduksi wanita tidak hanya akibat perubahan hormon atau pengaruh lingkungan, namun asupan makanan tidak sehat juga berkontribusi besar menyebabkan gangguan pada organ reproduksi. Kesadaran yang rendah terhadap bahaya makanan asal dan junkfood ini harus ditanggulangi sejak dini.

Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan organ reproduksi wanita, hindari 6 asupan berikut ini:


Baca Juga : Manakan Sehat Untuk Kesehatan Organ Reproduksi Wanita
  1. Gula
    Pemanis yang satu ini tidak hanya menyebabkan obesitas, akan tetapi juga dapat mengganggu organ reproduksi wanita. Kadar gula dalam makanan dan minuman yang terlalu berlebihan akan meningkatkan gula darah. Bahkan, ketika gula darah tinggi, anda bisa mengalami penurunan produksi hormone estrogen, kondisi rahim dan bisa juga memicu penyakit lain tumbuh di organ reproduksi wanita.
  2. Kafein
    Asupan kafein berlebihan dapat akan memicu penurunan kesuburan. Selain itu, kafein dapat memicu efek kecemasan yang tinggi yang selanjutnya dapat mempengaruhi proses konsepsi.
  3. Alkohol
    6 Asupan Yang Perlu Dihindari Untuk Kesehatan Organ Reproduksi Wanita
    Pengaruh Alkohol terhadap organ reproduksi adalah menyebabkan gangguan kehamilan. Wanita yang kecanduan alcohol 50% lebih beresiko tidak bisa hamil dibandingkan wanita normal lainnya.
  4. Makanan Tinggi Lemak Trans
    Lemak trans tinggi terdapat pada semua olahan Junk food. Hubungan antara konsumsi lemak trans dengan kesuburan adalah dikarenakan adanya resiko endometriosis yang ditandai dengan adanya pertumbuhan sel endometrium di luar rahim.
  5. Sumber Makanan Mengandung Peptisida
    Peptisida yang terbawa bersama dengan makanan seperti sayuran, buah dan air minum sangat berbahaya untuk organ reproduksi wanita. Apalagi senyawa kimia dari peptisida dapat menurunkan produksi hormone penting pada system reproduksi. Jika menempel pada bagian organ reproduksi maka akan memicu kanker atau tumor.
  6. Karbohidrat Tertentu
    Untuk wanita yang sedang menjalankan program hamil, maka perlu memenuhi asupan karbohidrat yang dapat meningkatkan kesuburan yaitu karbohidrat kompleks seperti: beras merah dan gandum. Sementara karbohidrat yang bersifat cepat dicerna seperti nasi putih dan kentang justru meningkatkan gula darah sehingga akan mengganggu kesuburan rahim.
Itulah 6 asupan yang harus dihindari untuk menjaga kesehatan organ reproduksi wanita.
0 Komentar untuk "6 Asupan Yang Perlu Dihindari Untuk Kesehatan Organ Reproduksi Wanita"





Back To Top