6 Makanan Sehat Untuk Kesehatan Organ Reproduksi Wanita

6 Makanan Sehat Untuk Kesehatan Organ Reproduksi Wanita -- Organ reproduksi memiliki peranan penting bagi seorang wanita. Inti pada organ reproduksi adalah rahim yang menjadi tempat pembuahan sel telur yang akan menjadi calon bayi bagi seorang ibu. Organ reproduksi wanita kerap mengalami gangguan akibat kondisi yang lemah dan penurunan kerja hormone.

Oleh karena itu, asset terpenting ini harus dijaga kesehatannya. Perawatan perlu dilakukan guna memperkecil resiko gangguan pada organ reproduksi, dan salah satunya adalah dengan memenuhi nutrisi yang seimbang bagi tubuh.


Baca Juga : Kebiasaan Sehat Merawat Organ Reproduksi Wanita

Inilah 6 makanan sehat untuk kesehatan organ reproduksi wanita:

  1. Makanan Berserat
    Serat makanan yang ada pada sayuran dan gandum memiliki peranan besar untuk mencegah produksi estrogen berlebihan, sehingga berperan penting mencegah fibroid uterur atau tumor jinak di dinding rahim.
  2. Buah dan Sayuran
    Buah dan sayuran adalah sumber mineral, vitamin dan fitokimia yang besar. Terkandung mineral, antioksidan, vitamin C dan E yang akan melindungi sel-sel rahim dan ovarium dari efek radikal bebas. Perananan sayur dan buah juga sangat besar untuk menyeimbangkan produksi hormon estrogen dan progesteron.
  3. Teh Hijau
    6 Makanan Sehat Untuk Kesehatan Organ Reproduksi Wanita
    Kekayaan antioksidan dalam teh hijau mampu menurunkan resiko terjadinya fibroid dalam rahim.
  4. Kacang-Kacangan
    Kacang-kacangan seperti almond, mete, kenari dan kedelai, sangat kaya akan omega-3, folat dan kolesterol baik. Fungsi Omega-3 adalah membantu mengurangi fibroid dan mencegah kanker rahim. Sementara itu, kolesterol baik membantu mencegah kelahiran bayi prematur atau berat badan rendah.
  5. Ikan Segar
    Ikan mengandung omega-3 asam lemak esensial yang berperan mengurangi produksi prostaglandin yaitu hormon yang dapat menyebabkan kontraksi rahim yang parah yang menyebabkan rahim pindah posisi.
  6. Susu
    Semua macam susu dan olahan susu seperti yoghurt, keju, dan mentega sangat kaya akan kalsium dan vitamin D. Kalsium membantu untuk menjaga tulang anda sehat. Sementara vitamin D membantu mencegah terjadinya fibroid atau tumor jinak dalam rahim.
6 makanan sehat untuk kesehatan organ reproduksi wanita tersebut sangat mudah anda temukan. Mulailah mengganti makanan junkfood dengan 6 makanan sehat yang membantu mejaga kesehatan organ reproduksi wanita terutama rahim.
0 Komentar untuk "6 Makanan Sehat Untuk Kesehatan Organ Reproduksi Wanita"





Back To Top